Translate

Selasa, 01 Desember 2015

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAMBAI KECAMATAN LAMBAI KABUPATEN KOLAKA UTARA



IRMAWATI
NIM : K.2013.022.57



Skripsi ini diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat







PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MANDALA WALUYA
KENDARI
2015
LEMBAR PERSETUJUAN




Skripsi ini telah disetujui untuk disajikan dihadapan Tim Penguji pada Ujian Komprehensif Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya Kendari dalam rangka penyempurnaan Penulisan.
.
Kendari, Agustus 2015

Tim Pembimbing

Pembimbing I Pembimbing II


Moh. Guntur Nangi, SKM, M.Kes Rosmiati Pakkan, SST, SKM, M.Kes
NIDN: 09-1112-8401 NIDN : 09-2602-5501


Mengetahui,
Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat

H.Sjaifuddin, SKM, M.Kes
NIDN.09 1011 4901






LEMBAR PENGESAHAN TIM PENGUJI




Skripsi ini telah dipertahankan dihadapan Tim Penguji Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya Kendari pada Tanggal 25 Agustus 2015.

Ketua : Moh. Guntur Nangi, SKM, M.Kes ……………………
NIDN: 09-1112-8401



Sekretaris : Rosmiati Pakkan, SST, SKM, M.Kes ……………………
NIDN : 09-2602-5501
Anggota : 1. Lodes Hadju, SKM, M.Kes ……………………
NIDN : 09-1705-8303
2. Sri Ishani IR, SKM, M.Kes ……………………
NIDN : 09-0907-5901
3. Salamang Mamang, S.Si, M.Kes ……………………
NIDN : 09-0310-6703





ABSTRAK

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Skripsi, Agustus 2015
Irmawati (K.2013.022.57).
“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara”.
Pembimbing I : Moh Guntur Nangi
Pembimbing II : Rosmiati Pakkan
xv + 66 halaman + 3 Gambar + 15 tabel + 10 Lampiran

Keaktifan kader posyandu di Puskesmas Lambai masih dibawah standar keaktifan kader (80%), dimana tahun 2012 terdapat 42,9% kader yang aktif, tahun 2013 sebanyak 40% kader aktif dan tahun 2014 sebanyak 48,6% yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan rendahnya keaktifan kader posyandu.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian adalah semua Kader yang terdaftar pada 7 posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai periode Januari-April tahun 2015 yaitu sebanyak 35 orang dan sampel sebanyak 32 orang yang diambil secara Simple Random Sampling. Metode analisis menggunakan uji chi-square dan uji µ.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 responden terdapat 13 responden (40,6%) aktif dalam kegiatan posyandu dan 19 responden (59,4%) tidak aktif dalam kegiatan posyandu, 17 responden (53,1%) berpendidikan rendah dan 15 responden (46,9%) berpendidikan tinggi, 11 responden (34,4%) pengetahuannya cukup dan 22 responden (65,6%) pengetahuannya kurang, kemudian 17 responden (53,1%) mendapat Insentif dan 15 responden (46,9%) tidak mendapat insentif. Hasil uji chi square diperoleh nilai p=0,014 dan µ=0,446 untuk pendidikan, p=0,041 dan µ=0,391 untuk pelatihan, p=0,021 dan µ=0,428 untuk pengetahuan serta p=0,01 dan µ=0,463 untuk insentif, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan sedang antara pendidikan, pengetahuan dan insentif dengan keaktifan kader serta ada hubungan lemah antara pelatihan dengan keaktifan kader Posyandu.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi pihak Puskesmas Lambai agar dapat menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan keaktifan kader posyandu melalui peningkatan pendidikan kader dengan merekrut kader yang berpendidikan tinggi, memberikan peluang yang sama bagi setiap kader untuk mendapat pelatihan, mengadakan penyegaran kader dan lomba kader sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kader serta memberikan pemberian insentif yang berkesinambungan.

Kata Kunci : Peran Kader, Pendidikan, Pelatihan, Pengetahuan dan Insentif
Daftar Pustaka : 21 (2007 - 2014)

ABSTRACT


College of Health Sciences Mandala Waluya
Public Health Study Program
Minor Thesis, Agustus 2015


Irmawati (K.2013.022.57).
"Factors Associated With Active Participation by Volunteers of Integrated Service Post in the Work Area Lambai Community Health Center and Lambai District of North Kolaka".
First Advisor : Moh Guntur Nangi
Second Advisor : Rosmiati Pakkan
xv + 66 Pages + 3 Illustration + 15 Tables + 10 Appendices

Activeness of integrated service post cadre in community health centers
And embraced still below the standard liveliness cadres (80%), where in 2012 there were 42.9% active cadres, in 2013 as much as 40% active cadres and 2014 as many as 48.6% are active. This study aims to determine the factors associated with low activity of cadres integrated service post.
This type of research is analytic with cross sectional study design. The population is all registered on 7 cadre integrated service post in health center Lambai the period from January to April 2015 as many as 35 people and a sample of 32 people taken by simple random sampling. The method of analysis using the chi-square test and test μ.
The results showed that of the 32 respondents, there were 13 respondents (40.6%) is active in integrated service post activities and 19 respondents (59.4%) are not active in the integrated service post, 17 respondents (53.1%) have low education and 15 respondents (46,9%) have hight educated, 11 respondents (34.4%) have sufficient knowledge end 22 respondents (65.6%) have less knowledge, then 17 respondents (53.1%) received incentives and 15 respondents (46.9%) did not incentivized. Results obtained by chi square test p=0.014 and μ=0.446 for education, p=0.041 and μ=0.391 for training, p=0.021 and μ=0.428 for knowledge and p=0.01 and μ=0.463 for incentives, so as to concluded that there was a middle relationship between education, knowledge and incentives to liveliness cadre and there is a weak relationship between training and activity of health cadres.
Suggestions in this study is for the health center embraced in order to establish a policy in order to increase the liveliness of cadres integrated service post through increased education of cadres to recruit a cadre of highly educated, providing equal opportunity for every cadre to be trained, to hold refresher cadres and race cadres so as to increase cadre of knowledge as well as providing incentives that continue.

Keywords : Role Cadre, Education, Training, Knowledge and Incentives
References : 21 (2007 - 2014)
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat dan karuniaNyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara” guna memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Kesehatan Masyarakat di STIKES Mandala Waluya Kendari.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan Skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran-saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk meningkatkan mutu dari penulisan ini sangat Penulis harapkan.
Pada kesempatan ini Penulis tak lupa pula menghaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Moh. Guntur Nangi, SKM, M.Kes selaku Pembimbing I dan Ibu Rosmiati Pakkan, SKM, M.Kes selaku pembimbing II atas semua waktu, tenaga dan pikiran yang telah diberikan dalam membimbing dan mengarahkan Penulis dalam menyusun Skripsi ini.
Tak lupa pula Penulis hanturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Ketua Yayasan Mandala Waluya Kendari.
2. Ketua STIKES Mandala Waluya Kendari
3. Para Wakil Ketua (Akademik, Non Akademik, Kemahasiswaan) STIKES Mandala Waluya Kendari
4. Para Ketua Lembaga (LPPM, LPM) STIKES Mandala Waluya Kendari
5. Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Mandala Waluya Kendari
6. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah memberikan izin penelitian
7. Seluruh Dosen dan Staf/Karyawan STIKES Mandala Waluya Kendari yang telah membantu penulis selama masa pendidikan.
8. Bapak Lodes Hadju, SKM, M.Kes selaku penguji I, Ibu Sri Ishani IR, SKM, M.Kes selaku penguji II dan Ibu Salamang Mamang, S.Si, M.Kes selaku penguji III yang telah memberikan kritik dan saran demi kesempurnaan Skripsi ini.
9. Kepala Puskesmas Lambai yang telah memberikan izin penelitian
10. Kedua orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan, kasih sayang serta motivasi.
11. Seluruh teman-teman khususnya program Studi Kesehatan Masyarakat yang telah memberikan bantuan dan motivasi kepada Penulis sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan.
Demikian semoga Skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan terutama kepada Penulis dalam menyelesaikan Pendidikan di STIKES Mandala Waluya Kendari. Amin.


Kendari, Agustus 2015


Penulis
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
LEMBAR PERSETUJUAN ii
LEMBAR PENGESAHAN TIM PENGUJI iii
ABSTRAK iv
ABSTRACT v
KATA PENGANTAR vi
DAFTAR ISI viii
DAFTAR TABEL x
DAFTAR GAMBAR xii
DAFTAR SINGKATAN xiii
DAFTAR SIMBOL xv
DAFTAR LAMPIRAN xvi
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 5
C. Tujuan Penelitian 5
1. Tujuan Umum 5
2. Tujuan Khusus 5
D. Manfaat Penelitian 5
1. Manfaat Teoritis 5
2. Manfaat Praktis 6
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Tehnis Puskesmas 8
B. Tinjauan Teori Keaktifan Kader Posyandu (Variabel Dependent) 16
C. Tinjauan Teori Variabel Independent 21
1. Tinjauan Teori Pendidikan 21
2. Tinjauan Teori Pelatihan 23
3. Tinjauan Teori Pengetahuan................................................ 24
4. Tinjauan Teori Insentif 28
BAB III. KERANGKA KONSEP
A. Dasar Pikir Penelitian 31
B. Bagan Kerangka Konsep 32
C. Variabel Penelitian 33
D. Defenisi Operasional dan Kriteria Objektif 33
E. Hipotesis Penelitian 36
BAB IV. METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian 38
B. Lokasi dan Waktu Penelitian 38
C. Populasi dan Sampel 39
D. Sumber dan Cara Pengumpulan Data 40
E. Pengolahan, Analisa dan Penyajian Data 40
F. Etika Penelitian 43
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian 44
B. Hasil Penelitian dan Pembahasan 46
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 65
B. Saran 65
LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA




DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1 Kontigensi 2X2………………………………………………….
42
2 Jenis Sarana Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………………


45
3 Distribusi Tenaga Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara…………

46
4 Distribusi Responden Menurut Umur di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………………..
47
5 Distribusi Respoden Menurut Pekerjaan di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara …………………………………………………………….....

47
6 Distribusi Responden Menurut Pendidikan di Wilayah Kerja
Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………………
48
7 Distribusi Responden Menurut Jenis Kelamin di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka……………………………………………………………… 48
8 Distribusi Responden Menurut Pelatihan di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………….……

49
9 Distribusi Responden Menurut Pengetahuan di Wilaya Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………..……...

49
10 Distribusi Responden Menurut Insentif di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kabupaten Kolaka Utara …………………

50
11 Distribusi Responden Menurut Keaktifan Kader di wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ………………………………………………………


50
12 Hubungan Pendidikan dengan Keaktifan Kader di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara .........................................................................

51
13 Hubungan Pelatihan dengan Keaktifan Kader di Wilayah Kerja
Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ....................................................................................


52
14 Hubungan Pengetahuan dengan Keaktifan Kader di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ..........................................................................


53
15 Hubungan Insentif dengan Keaktifan Kader di Wilayah Kerja
Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara ....................................................................................

54











DAFTAR GAMBAR



Gambar Halaman
1. Bagan Struktur Orgaisasi Puskesmas.................................. 12
2. Bagan Kerangka Konsep Penelitian..................................... 32
3. Rancangan Cross Sectional Study.......................................
37













DAFTAR SINGKATAN

No Singkatan
1. ASI : Air Susu Ibu
2. Bapermas : Badan Perwakilan Masyarakat
3. D3 : Diploma Tiga
4. DIV : Diploma Empat
5. Hb : Haemoglobin
6. Ha : Hipotesis Alternatif
7. Ho : Hipotesis Null
8. IRT : Ibu Rumah Tangga
9. KB : Keluarga Berencana
10. KK : Kepala Keluarga
11. KPD : Kader Pembangunan Desa
12. Kemenkes : Kementerian Kesehatan
13. KIA : Kesehatan Ibu dan Anak
14. KMS : Kartu Menuju Sehat
15. MW : Mandala Waluya
16. PHL : Pegawai Harian Lepas
17. Poskesdes : Pos Kesehatan Desa
18. Polindes : Pondok Bersalin Desa
19. PONED : Pelayanan Obstetri Neonatal Darurat
20. PMT Pemberian Makanan Tambahan
21. PNS : Pegawai Negeri Sipil
22. PTT : Pegawai Tidak Tetap
23. PUS : Pasangan Usia Subur
24. Pustu : Puskesmas Pembantu
25. RI : Republik Indonesia
26. S1 : Sarjana (Strata Satu)
27. SMA : Sekolah Menengah Atas
28. SMP : Sekolah Menengah Pertama
29. SPK : Sekolah Pendidikan Kejuruan
30. STIKES : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan
31. Sultra : Sulawesi Tenggara
32. UGD : Unit Gawat Darurat
33. UPTD : Unit Pelaksana Tehnis Daerah
34. WHO : World Health Organization

DAFTAR SIMBOL
No Singkatan
1. % : Persen
2. ≤ : sama dengan atau kurang dari
3. ≥ : sama dengan atau lebih dari
4. X2 : Chi-Kuadrat/Chi Square
5. K : Konstanta
6. n : Sampel
7. N : Populasi
8. y : Jumlah sampel
9. x : Jumlah karakteristik
10. Fe : Frekuensi awal
11. Fo : Frekuensi
12. e : Derajat kepercayaan
13. α : Alfa
14. 0C : Derajat Celcius
15. C.I : Confident Independen
16. P : Hasil Uji Chi-Square





DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1 Lembar Persetujuan Responden
2 Kuesioner Penelitian 3437
3 Master Tabel Penelitian
4 Hasil Uji Statistik H
5 Surat Permohonan Izin Penelitian dari Ketua STIKES-MW
6 Surat Izin Penelitian dari Badan Penelitian Daerah Sulawesi Tenggara
7 Surat Izin Penelitian dari Badan Penelitian Kabupaten Kolaka Utara
8 Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian di Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai
9 Dokumentasi Penelitian
10 Daftar Riwayat Hidup













Lampiran 9

DOKUMENTASI PENELITIAN

















Wawancara Responden



















Wawancara Responden












Wawancara Responden










Wawancara Responden


Lampiran 10


RIWAYAT HIDUP












1. Nama : Irmawati
2. Tempat/Tanggal Lahir : Totallang, 22 April 1987
3. Agama : Islam
4. Alamat : Desa Puncak Monapa Kec.Lasusua Kab.Kolut
5. No.Telpon : 0852 9943 3878
6. Status : Single
7. Pendidikan Formal :
a. SD : SD Negeri 1 Totallang
b. SMP : SMP Negeri 1 Lasusua
c. SMA : SMA Negeri 1 Lasusua
d. Diploma : DIII Akademi Gizi Poltekkes Kendari
8. Nama Orang Tua :
a. Ayah : Usman Nia
b. Ibu : Musnawati K
9. Pekerjaan Orang Tua :
a. Ayah : Petani
b. Ibu : IRT
10. Jumlah Bersaudara : 5
11. Anak Ke : 1

LEMBAR PERBAIKAN HASIL PENELITIAN

Nama : Irmawati
Nim : K.2013.022.57
PrograM Studi : Kesehatan Masyarakat (PKIP)
Judul : Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lambai Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara
NO Nama Pembimbing dan Penguji Hal-Hal yang Harus Diperbaiki Paraf
1. Moh. Guntur Nangi, SKM, M.Kes
(Pembimbing I) 1. Perbaiki sesuai saran penguji


2. Rosmiati Pakkan, SKM, M.Kes
(Pembimbing II) 1. Perbaiki sesuai saran penguji


3. Lodes Hadju, SKM, M.Kes
(Penguji I) 1. Perbaiki abstrak
2. Perbaiki hasil pada hal 46 tambahkan posyandu
3. Perbaiki pembahasan
4. Perbaiki kesimpulan
4. Sri Ishani IR, SKM, M.Kes
(Penguji II) 1. Perbaiki abstrak
2. Perbaiki daftar singkatan
3. Perbaiki kesalahan penulisan pada hasil penelitian
4. Perbaiki kesimpulan
5.

Salamang Mamang, S.Si, M.Kes
(Penguji III)

1. Perbaiki abstrack
2. Perbaiki bulan Juni pada abstrak dan kata pengantar
3. Perbaiki hal 12 dan 42
4. Perbaiki kesalahan pengetikan pada hasil penelitian
5. Perbaiki kesimpulan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar