Translate
Selasa, 01 Desember 2015
PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN TUJUH LANGKAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK SATAP DESA OTOLE KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA TAHUN 2015
HIKMAYANTI SIGELE
P.2011.012.31
Hasil Penelitian ini diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Mengikuti Ujian Komprehensif
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MANDALA WALUYA
KENDARI
2015
LEMBAR PERSETUJUAN HASIL
Hasil penelitian ini telah disetujui untuk disajikan dihadapan Tim Penguji Seminar Hasil Penelitian Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya Kendari dalam rangka penyempurnaan penulisan.
Kendari, September 2015
Tim Pembimbing
Pembimbing I Pembimbing II
H.Muh.Idrus, SKM, M.Kes Mimi Yati, S.Kep, Ns, M.Kes
NIDN:09-2002-5001 NIDN:09-0902-8702
Mengetahui,
Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan
STIKES-MW Kendari
Asbath Said, S.Kep., Ns., M.Kes
NIDN : 09-1110-8404
ABSTRAK
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya
Program Studi Keperawatan
Hasil Penelitian, September 2015
Hikmawati Sigele (P.2011.012.31).
“Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan 7 Langkah pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2015”.
Pembimbing I : H.Muh.Idrus, SKM, M.Kes
Pembimbing II : Mimi Yati, S.Kep, Ns, M.Kes
xiii + 51 halaman + 2 Gambar + 6 Tabel + 9 Lampiran
Kebiasaan anak sekolah taman kanak-kanak dalam menerapkan tujuh langkah cuci tangan masih sangat kurang hal ini karena kurangnya pendidikan kesehatan berupa penyuluhan tentang tujuh langkah cuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan cuci tangan 7 langkah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2015.
Jenis penelitian ini adalah pra Eksperimental dengan desain one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak yang terdaftar sebagai siswa di Taman Kanak-Kanak Satap di Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara sebanyak 45 anak dan sampel sebanyak 45 orang yang diambil secara Total Sampling. Metode analisis menggunakan uji paired sampel t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 45 responden, terdapat 11 responden (24,4%) pengetahuan sebelum penyuluhan dalam kategori baik, 8 responden (17,8%) cukup dan 26 responden (57,8%) dalam kategori kurang. Kemudian setelah dilakukan penyuluhan 16 responden (35,6%) pengetahuan sesudah penyuluhan dalam kategori baik, 18 responden (40,0%) cukup dan 11 responden (24,4%) dalam kategori kurang. Hasil uji paired sampel t-test diperoleh nilai p (0,000) < α (0,05). Sehingga disimpulkan pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan cuci tangan 7 langkah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2015.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi Institusi pendidikan (Taman Kanak-Kanak Satap Otole) agar dapat melakukan kerja sama dengan Pihak Puskesmas Lasolo dalam rangka peningkatan pengetahuan siswa TK melalui kegiatan penyuluhan dan pembentukan UKS di tingkat Taman Kanak-Kanak dan perlunya membuat poster dan leaflet tentang 7 langkah cuci tangan pakai sabun sehingga dapat menjadi sumber informasi bagi siswa.
Kata Kunci : Pengetahuan, Penyuluhan, 7 Langkah Cuci Tangan
Daftar Pustaka : 29 (2003 - 2015)
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Hasil penelitian yang berjudul “Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan 7 Langkah pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2015” guna memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Ilmu Keperawatan di STIKES Mandala Waluya Kendari.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan Hasil penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran-saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk meningkatkan mutu dari penulisan ini sangat Penulis harapkan.
Pada kesempatan ini Penulis tak lupa pula menghaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu H. Muh. Idrus, SKM, M.Kes selaku Pembimbing I dan Ibu Mimi Yati, S.Kep, Ns, M.Kes selaku pembimbing II atas semua waktu, tenaga dan pikiran yang telah diberikan dalam membimbing dan mengarahkan Penulis dalam menyusun Hasil penelitian ini.
Tak lupa pula Penulis hanturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Ketua Yayasan Mandala Waluya Kendari.
2. Ketua STIKES Mandala Waluya Kendari
3. Para Wakil Ketua (Akademik, Non Akademik, Kemahasiswaan) STIKES Mandala Waluya Kendari
4. Para Ketua Lembaga (LPPM, LPM) STIKES Mandala Waluya Kendari
5. Ketua Prodi Keperawatan STIKES Mandala Waluya Kendari
6. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah memberikan izin penelitian
7. Seluruh Dosen dan Staf/Karyawan STIKES Mandala Waluya Kendari yang telah membantu penulis selama masa pendidikan.
8. Kepala Taman Kanak-Kanak Satap Desa Otole yang telah memberikan izin penelitian.
9. Penguji I, II, dan III yang telah memberikan kritik dan saran demi kesempurnaan Hasil penelitian ini.
10. Kedua orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan, kasih sayang serta motivasi.
11. Seluruh teman-teman khususnya program Studi Keperawatan yang telah memberikan bantuan dan motivasi kepada Penulis sehingga Hasil Penelitian ini dapat terselesaikan.
Demikian semoga Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan terutama kepada Penulis dalam menyelesaikan Pendidikan di STIKES Mandala Waluya Kendari. Amin.
Kendari, September 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
LEMBAR PERSETUJUAN HASIL ii
ABSTRAK iii
ABSTRACT iv
KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vii
DAFTAR TABEL ix
DAFTAR GAMBAR x
DAFTAR SINGKATAN xi
DAFTAR SIMBOL xii
DAFTAR LAMPIRAN xiii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 7
C. Tujuan Penelitian 7
D. Manfaat Penelitian 8
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Umum Tentag Anak Usia Para Sekolah 10
B. Tinjauan Umum Tentang Penyuluhan 13
C. Tinjauan Umum Tentang PHBS 18
D. Tinjauan Umum Tentang Mencuci Tangan 22
D. Tinjauan Umum Tentang Pengetahuan 27
BAB III. KERANGKA KONSEP
A. Dasar Pemikiran 31
B. Bagan Kerangka Konsep 32
C. Variabel Penelitian 33
D. Defenisi Operasional dan Kriteria Objektif 33
E. Hipotesis Penelitian 34
BAB IV METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Desain Penelitian 35
B. Lokasi dan Tempat Penelitian 35
C. Populasi dan Sampel 36
D. Sumber dan Cara Pengumpulan Data 37
E. Pengolahan, Analisa dan Penyajian Data 38
F. Etika Penelitian 40
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian 41
B. Hasil Penelitian 42
C. Pembahasan 45
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 50
B. Saran 50
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1 Distribusi Responden Menurut Umur di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara…………………..
42
2 Distribusi Responden Menurut Jenis Kelamin di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara........
42
3 Distribusi Responden Menurut Pengetahuan Sebelum Penyuluhan di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara…………….……………………………
43
4 Distribusi Responden Menurut Pengetahuan Sesudah Penyuluhan di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara………………………………………….
44
5 Distribusi Rata-Rata Pengetahuan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara……...................................................
44
6 Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Tujuh Langkah pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Satap Desa Otole Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara……………
45
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
1. Bagan Kerangka Konsep Penelitian..................................... 32
2. Desain Peneltian..................................................................
3437 35
DAFTAR SINGKATAN
No Singkatan
1. DKK : Dan Kawan Kawan
2. Ha : Hipotesis Alternatif
3. Ho : Hipotesis Null
4. IRT : Ibu Rumah Tangga
5. Kemenkes : Kementerian Kesehatan
6. MW : Mandala Waluya
7. No : Nomor
8. PNS : Pegawai Negeri Sipil
9. RISKESDAS : Riset Kesehatan Dasar
10. RI : Republik Indonesia
11. SD : Sekolah Deviasi
12. SE : Standar Error
12. SK : Surat Keputusan
13. SPSS : Statistik Product and Service Solution
14. STIKES : Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan
15. Sultra : Sulawesi Tenggara
15. TK : Taman Kanak-Kanak
16. WHO : World Health Organization
DAFTAR SIMBOL
No Singkatan
1. % : Persen
2. ≤ : sama dengan atau kurang dari
3. ≥ : sama dengan atau lebih dari
4. K : Konstanta
5. n : Sampel
6. N : Populasi
7. y : Jumlah sampel
8. x : Jumlah karakteristik
9. Fe : Frekuensi awal
10. Fo : Frekuensi
11. α : Alfa
12. 0C : Derajat Celcius
13. C.I : Confident Independen
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1 Satuan Acara Penyuluhan (SAP)
2 Lembar Check List Cuci Tangan Pakai Sabun 3437
3 Master Tabel Penelitian
4 Hasil Uji Statistik H
5 Surat Permohonan Izin Penelitian dari Ketua STIKES-MW
6 Surat Izin Penelitian dari Badan Penelitian Daerah Sulawesi Tenggara
7 Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian dari TK.Satap Desa Otole
8 Dokumentasi Penelitian
9 Riwayat Hidup
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar